Minggu, 19 Januari 2014

KESIMPULAN JURNAL EKSTRA DAUN JAMBU BIJI


Prodi   :           PGSD3-1
NIM    :           40212116
STKIP ISLAM BUMIAYU.jpg
EKSTRA DAUN JAMBU BIJI
Tanaman jambu biji merupakan tanaman dari keluarga Myrtaceae. Tanaman jambu biji terutama tumbuh di negara-negara tropis dan subtropis yang merupakan salah satu tanaman ekonomi utama di Taiwan. Tanaman jambu biji terdiri dari beberapa jenis diantaranya jambu biji lokal dan jambi biji bangkok, ada yang mempunyai daging buah berwarna putih dan ada yang berwarna merah. Hal yang dapat mempengaruhi kandungan senyawa dalam tanaman adalah tempat tumbuh tanaman yang dipengaruhi oleh jenis tanah, curah hujan, iklim, intensitas sinar matahari, ketinggian dan lingkungan disekitar tempat tumbuhnya serta umur tanaman. Senyawa yang terkandung dalam daun jambu biji yaitu senyawa polifenol, karoten, flavonoid, saponin dan tanin. Daun jambu biji mempunyai khasiat sebagai anti-inflamasi, anti-mutagenik, anti-mikroba dan analgesik. Pengujian aktivitas anti-oksidan ekstrak daun jambu biji ada 2 metode yaitu menggunakan metode tiosianat dan metode TBA. Baik menggunakan metode tiosianat dan metode TBA menunjukkan hasil bahwa ekstrak ethanol daun jambu biji putih tokat mempunyai daya anti-oksidan yang lebih baik.
Ekstrak daun jambu biji bersifat sebagai anti-bakteri karena adanya kandungan tanin sebagai anti-bakteri yang mampu mempresipitasi protein, selain itu flavonoid dan saponin berfungsi sebagai anti-bakteri dengan mengganggu fungsi microorganisme dan sebagai anti-mikroba. Cara membuat ekstrak daun jambu biji yaitu daun jambu biji yang telah kering dihaluskan dengan menggunakan blender kemudian dimasukkan kedalam maserator yang sudah berisi ethanol 95% untuk dimaserasi selama 2x24 jam. Hasil maserasi kemudian disaring dengan menggunakan kertas saring whatman nomor 42. Hasil saringan kemudian dievaporasi dengan vacum rotavapour pada suhu ±40°C dengan kecepatan 120rpm. Ekstrak yang dihasilkan sebanyak 330gr siap digunakan. Larutan ekstrak daun jambu biji dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Ekstrak daun jambu biji pada konsentrasi 250ppm – 3250ppm berpotensi sebagai anti-bakteri terhadap bakteri Aeromonas hydrophila. Potensi ekstrak daun jambu biji sebagai anti-bakteri dikategorikan berspektrum luas. Konsentrasi ekstrak daun jambu biji di bawah 600,580ppm aman digunakan untuk pengobatan benih ikan gurami yang terserang bakteri Aeromonas hydrophila. Konsentrasi tinggi ethanol menunjukkan penurunan pada sel. Konsentrasi tinggi ekstrak daun jambu biji menyebabkan efek sitotoksik tak terhindar.
Ekstrak daun jambu biji dan Cassia Alata L menunjukkan aktivitas sitotoksik di OV2008 dan kasumi-1 sel masing-masing. Hasilnya menunjukkan bahwa analisis kimia lebih lanjut dan penyelidikan mekanisme harus dilakukan pada kedua ekstrak tersebut untuk menjelaskan prinsip-prinsip kimia aktif dan untuk memvalidasi menggunakan potensinya untuk sifat antikanker.
Khasiat ekstrak daun jambu biji, antara lain :
1. Sebagai anti-bakterial untuk menanggulangi serangan bakteri Aeromonas hydrophila pada ikan gurame.
2. Untuk menginaktifkan viral nervous necrosis (VVN) pada ikan kerapu bebek.


DAFTAR PUSTAKA
1.         Indriani S.2006.Aktifitas Antioksi dan Ekstrak Daun Jambu Biji (Psidium guajava L.).J.II.Pert.Indon,11(1).
2.         Rosidah dan WM Afizia.2012.Potensi Ekstrak Daun Jambu Biji Sebagai Antibakterial untuk Menanggulangi Serangan Bakteri Aeromonas Hydrophila pada Ikan Gurame (Osphronemus Gouramy lacepede).jurnal akuatika,III(1):19-27.
3.         Amelia N dan SB Prayitno.2012.Pengaruh Ekstrak Daun Jambu Biji (Psidium guajava) untuk Menginaktifkan Viral Nervous Necrosis (VNN) pada Ikan Kerapu Bebek (Epinephelus fuscoguttatus).Journal of Aquaculture Management an Technology,1(1):264-278.
4.         Levy AS dan S Carley.2012.Cytotoxic Activity of Hexace Extracts of Psidium Guajava L(Myrtaceae) and Cassia Alata L(Caesalpineaceae) in Kasumi-1 and OV2008 Cancer Cells Lines.Tropical Journal of Pharmaceutical,11(2):201-207.
5.         Chen HH, PH Wu, D Lo, YC Pan dan MC Wu.2011.Hepatoprotective Effect of Guava(Psidium guajava L.) Leaf Extracts on Ethanol-Induced Injury on Clone 9 Rat Liver Cells.Food and Nutrition Sciences,2:983-988.

1 komentar:

  1. Makasih ya atas informasi yang diberikan sangat bermanfaat sekali untuk menambah pengetahuan
    salam kenal dari
    Kolak kolang kaling

    BalasHapus